05 Mei 2013

Wisata Alam Gunung Cikuray Garut


Gunung Cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak. Jika anda bukan warga Jabar, mendaki Cikurai mesti satu paket dengan Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. Keduanya menawarkan medan pendakian yang menarik.

Karena letaknya paling tinggi di kabupaten Garut, kaki gunung Cikuray dipakai untuk stasiun pemancar TV swasta dan TVRI. Gunung Cikurai mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.

Source : http://id.wikipedia.org/ 

Jalur Transportasi Umum Dari Bandung 

Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur Bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak. Kami mengambil jalur Dayeuh Manggung karena akses angkutan umumnya paling mudah. Mencapai Gunung Cikuray dari Bandung :
  • Bis Bandung (Cicaheum) – Garut
  • Bis Bandung (Cileunyi) – Garut
  • Garut (terminal Guntur) – Cilawu (Patrol)
Rangkuman Pendakian (kondisi trek licin karena hujan) :
  • Patrol – Pemancar TV : 3 jam
  • Pemancar TV – camp pertama : 2.5 jam
  • Camp pertama – puncak Gunung Cikuray : 6.5 jam

Jalur Transportasi Umum Dari Jakarta

  • Bis Jakarta - Garut: Primajasa Rp 35.000, turun terminal Guntur.
  • Angkutan Terminal Guntur - Cilawu (daerah kaki gunung Cikuray): Carter angkot Rp 150.000, per orang biasanya Rp 7000 - Rp 15.000
  •  Dari Cilawu ke pemancar (awal mula pendakian): ojek per orang Rp 30.000, truk carter per orang Rp 20.000, angkot carter per orang Rp 10.000 cuma sampai pos penjagaan. Jalan kaki lebih baik lewat Dayeuhmanggung,
  • Sampai pemancar, tinggal berdoa dan naik. Dan air tidak ada di sepanjang jalur sampai puncak, jadi cobalah untuk membawa air secukupnya sejak dari pemancar.



FOTO GALERY




Source : http://www.expedisia.com
                                                           Gunung Cikurai Garut

Berikut Liputan Video Tentang Gunung Cikuray Garut

video
                                    
Wisata Adventure Trail Gunung Cikuray garut
https://www.youtube.com/watch?v=wQtVMlicHJY


video

Liputan Pendakian Gunung Cikuray Garut
http://www.youtube.com/watch?v=nRvtWDbJxzY


SELAMAT BERPETUALANG

Artikel Terkait Wisata Alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

All About Bandung

Jumlah Penayangan

Statistik Web

free counters

user online