29 April 2013

Sekilas Bandung Tempo Doeloe



Cerita sejarah asal muasal dan berdirinya kota Bandung adalah cerita tentang Bandung Tempo Doeloe. Menurut beberapa ahli kota Bandung berasal dari sebuah danau purba besar yang kemudian surut. Nama Bandung sendiri konon berasal dari nama bendungan. Tepian-tepiannya sekarang menjadi daerah lembang, cileunyi, pangalengan, dan padalarang. Daerah bandung utara adalah tempat sumber mata air sedangkan di daerah bendung selatan adalah bagian dasar dari danau. Terbukti dengan banyaknya daerah badung utara yang disebut ‘seke’ dalam bahasa sunda yang berarti sumber mata air, seperti sekeloa, sekemirung, sekelimus, sekepanjang, sekepondok, dan lainnya. Ketika danau surut, danau purba menyisakan danau danau kecil di daerah bandung selatan, oleh masyarakat setempat disebut situ. Dikenal banyak situ di daerah bandung selatan, seperti situ patengan dan lainnya.

Pusat kota bandung sekarang adalah tempat cikal bakal berdirinya kota bandung modern. Sebelumnya tempat tersebut hanyalah salah satu tempat perlintasan transportasi di pulau jawa saja. Hingga salah seorang jendral belanda pada jaman penjajahan, saat itu meminta untuk dibangunkan sebuah kota yang dimulai dari titik yang sekarang dikenal sebagai titik 0 kilometer di kawasan jalan Asia Afrika Bandung. Posisi bandung yang strategis, udara sejuk, dan penduduk yang ramah mempercepat perkembangan Bandung dipenuhi fasilitas-fasilitas sebuah kota modern khas Eropa. Dua hotel berbintang lima kelas presiden, Savoy Homan dan Grand Preanger, berdiri, apotek, cafe, bank, dan lainnya




Contoh lain bangunan yang sudah banyak sekali mengalami perubahan adalah Mesjid Agung Bandung yang terletak di alun-alun Kota Bandung di mana saat ini telah berubah nama menjadi Masjid Raya Bandung. Atau yang paling hebat adalah Mall Bandung Indah Plasa yang terletak di jalan Merdeka, ternyata dulunya merupakan hotel yang terkenal di kota Bandung yaitu Hotel Flat Olcott Park. Flat Olcott Park sempat berubah nama menjadi Hotel Pakunegara sebelum berubah menjadi salah satu mall terkenal di kota Bandung. melestarikan sejarah serta budaya merupakan hal yang harus dilakukan oleh pemerintah negeri ini. Gedung-gedung yang memiliki nilai sejarah serta catatan sejarah penting harus dirawat dan dilestarikan dengan baik. Jangan sampai anak cucu kita nanti tidak tahu bahwa kota ini memiliki sejarah yang luar biasa penting.
 



Galeri Foto



Lihat Video
video
                                       http://www.youtube.com/watch?v=wQndUapFSy8
 

Artikel Terkait Artikel

1 komentar:

  1. wah... ternyata bandung penuh dengan sejarah.. makasih ya mas informasinya....

    BalasHapus

All About Bandung

Jumlah Penayangan

Statistik Web

free counters

user online