30 Mei 2012

Wisata Alam Situ Patenggang


Nama Lokasi
Situ Patenggang
Arah Lokasi
Dari Pusat Kota Bandung Naik kurang lebih 50 km Menuju Bandung Selatan
·         Rute Dari Bandung  Menuju Jl Kopo – Ketapang – Soreang – Ciwidey – Jl Patenggang
·         Rute dari Jakarta Masuk tol Cipularang terus menuju pintu keluar tol Kopo selanjutnya menuju Soreang ke arah selatan  Ciwidey terus menuju Jl Patenggang

Transportasi Umum
Dari Bandung : Naik Angkot / Bus  Bandung – Ciwidey dari terminal lewi panjang
selanjutnya Naik Angkot Arah Situ Patenggang
Fasilitas
·         Pemandangan Situ Patenggang
·         Wahana Perahu
·         Batu Cinta & Pulou Asmara
·         Oleh-oleh Cinderamata
·         Villa / Penginapan
Ticket Masuk
Tiket masuk Rp. 10000,- / org
Tiket masuk mobil Rp. 20,000,-/mbl
Tiket masuk bus Rp. 30.000,-/bus
Tiket perahu dayung/motor Rp. 20.000,- /org
Tiket sepeda air Rp. 40.000,- /2 org
Villa/penginapan Rp.600.000,-/malam kapasitas 30 sd 50 orang.Dengan fasilitas 3 kamar tidur,ruang aula,perapian,dapur,satu kamar mandi,dengan lokasi ditepi danau patenggang.

Luas
Luas Area150 hektar, Luas Danau 48 ha
Info Website
-

DESKRIPSI

Kota Bandung  memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang indah beserta legenda-legenda yang menarik  Salah satunya adalah Situ Patenggang.  Situ Patengan adalah danau yang terletak di kawasan obyek wisata alam di daerah Ciwidey Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Situ Patenggang terletak di ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut dengan luas area 150 ha, dan luas danau 48 ha , danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis akan keindahan alamnya.

Setelah  berada di kawasan wisata ini, anda bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada diantaranya pemandangan eksotis danau situ patenggang, Wahana Perahu sekaligus mengunjungi pulau yang menjadi pelengkap legenda Situ Patengan yaitu Pulau Asmara dan Batu Cinta yang merupakan lokasi tujuan para wisatawan. Konon menurut ceritanya, siapapun yang singgah ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapatkan cinta yang abadi. Hal inilah yang mungkin menjadikan Batu Cinta dan Pulau Asmara menjadi tempat yang membuat wisatawan menjadi penasaran.

Sejarah Situ patenggang, menurut cerita berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cintau Ki Santang putra prabu siliwangi dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya. Karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta".Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara / Pulau Sasaka). Menurut cerita ini, yang singgah di batu dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi.


PETA LOKASI

                                                   Sumber : https://maps.google.co.id

FOTO LOKASI







                                                                     Lihat Video

                            Sumber : http://www.youtube.com/watch?v=J4NBCL9uI0k

Selamat Berkunjung dan Berwisata


Artikel Terkait Wisata Alam

3 komentar:

All About Bandung

Jumlah Penayangan

Statistik Web

free counters

user online