08 Mei 2012

Wisata Alam Gunung Padang Ciwidey

Nama Lokasi
Gunung Padang
Arah Lokasi
Dari Pusat Kota Naik Menuju Bandung  Selatan (Melewati Jl. Kopo, Katapang, Terminal Lama Ciwidey), selanjutnya belok Kanan menuju Jl. Lebak Muncang (Kampung Ranca Gede), selanjutnya  menuju ke Desa Rawa Bogo
Transportasi umum
Bus / Angkot Bandung – Ciwidey selanjutnya naik ojeg menuju Desa Rawa Bogo
Fasilitas
Pemandangan Alam,  Batu-Batu Unik Peninggalan Situs Megalitikum

PETA LOKASI





















DESKRIPSI
 
Gunung Padang merupakan peninggalan situs  megalitikum terletak di Desa Rawabogo, Kec.  Ciwidey (berada di wilayah perbatasan Ciwidey dan Cililin), Kabupaten Bandung.  Pengertian Gunung Padang Dalam bahasa Sanskerta, Padang artinya caang alias terang ,  secara harfiah dapat diartikan dengan Gunung yang terang benderang. Tetapi, jika dikaitkan fungsinya sebagai wana wisata spiritual, Gunung Padang dapat berarti kepribadian yang jelas.  Gunung Padang di Jawa Barat ada di tiga tempat yaitu Gunung Padang Di Cikoneng Ciamis diduga berkaitan dengan Makam Keramat Kerajaan Galuh,  Situs Megalitikum di Kabupaten Cianjur,  dan Gunung Padang di Desa Rawabogo (Ciwidey)

Gunung Padang memiliki Batu-batu besar yang terlihat sekarang adalah batuan magma beku yang muncul karena pengikisan akibat perubahan cuaca dalam jangka panjang. Secara alamiah, batuan tersebut membentuk komposisi batuan yang bertingkat. 


Dihubungkan dengan fungsinya sebagai situs spiritual, kepercayaan setempat kemudian membaginya menjadi 17 tingkat yang menggambarkan siklus hidup manusia. Tingkatan tersebut secara umum menggambarkan tiga fase siklus hidup.

Fase A: Kelahiran dan Masa anak-anak.
1. Cikahuripan
2. Lawang Saketeng Lawang Kadua
3. Batu Palawangan Ibu
4. Batu Paibuan
5. Batu Panyipuhan
6. Batu Poponcoran

Fase B: Masa Dewasa
7. Batu Kaca Saadeg
8. Batu Gedong Peteng
9. Batu Karaton
10.Batu Kutarungu


Fase C: Masa Kebijaksanaan
11. Masjid Agung
12. Batu Bumi Agung
13. Batu Korsi Gading
14. Batu Pakuwon Prabu Siliwangi
15. Batu Lawang Tujuh
16. Batu Padaringan/ Leuit Salawe Jajar
17. Puncak Manik

Berikut Beberapa bentuk Batu yang ada di gunung padang :
1.  Batu Lawang Saketeng. Berbentuk seperti gapura, merupakan pintu masuk yang menggambarkan kesadaran akan eksistensi sebagai manusia dan hubungannya dengan Tuhan serta alam semesta. Sesuai namanya, lawang ini sangat sempit.
2.  Batu Palawangan Ibu. Komposisi batu di tempat ini membentuk konfigurasi seperti saluran vagina, mengingatkan kita pada proses kelahiran.
3.   Batu Poponcoran. Konfigurasi batu membentuk jalur untuk dilewati orang. Bagi peziarah, Poponcoran adalah ujian terakhir dari Fase A, sebagai simbol dia siap masuk ke tahap selanjutnya.
4.   Batu Kaca Saadeg. Merupakan batu vertikal yang mirip dengan cermin, merupakan momen untuk refleksi diri.
5.       Batu Mesjid Agung







Artikel Terkait Wisata Alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

All About Bandung

Jumlah Penayangan

Statistik Web

free counters

user online