29 Mei 2012

Wahana Rekreasi Kebun Binatang Bandung

Nama Lokasi
Kebun Binatang Bandung
Alamat
Jl. Kebon Binatang No. 6 Taman Sari Bandung – 40132 West Java, Indonesia phone: +62 22 2507302
Arah Lokasi
Dari Jakarta : Dari Pintu Tol Pasteur Lurus Menuju Jembatan Layang Pasopati selanjutnya belok kiri menuju ke Jl. Taman Sari (Kampus ITB)
Transportasi Umum
·         Dari Jakarta : Bisa menggunakan Travel Jakarta – Bandung kemudian turun di Full Terdekat Lokasi wisata diantaranya (Full Cipaganti Cihampelas / Dipati ukur, Full Baraya  Pasteur)
·         Angkot Yang melalui Kebun Binatang : Cistu Tegalega, Cicaheum Ledeng,  Caringin – Sadang Serang, Antapani – Dipati Ukur
Fasilitas
·         View Aneka Macam Satwa
·         Wahana Kolam Perahu
·         Wahana Hewan Tunggang (Gajah dan Unta)
·         Flying fox
·         Area Rekreasi Keluarga & Permainan Anak
·         Mushola, Toilet, Lesehan
·         Food booth & beverage
Harga Ticket
Rp. 20.000 / orang (diatas usia 3 tahun)
Info Website
-

DESKRIPSI

Kota Bandung  memiliki banyak tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan yang indah beserta legenda-legenda yang menarik. Disamping itu kota bandung terkenal dengan tempat rekreasi keluarga dan sekaligus sebagai sarana mengenal lingkungan alam dan kekayaan flora dan fauna yaitu kebun binatang. Kebun Binatang Bandung terletak di sebelah barat kampus Institut Teknologi Bandung, tepatnya di Jalan Taman sari No 6. Kebun Binatang Bandung dibangun pada tahun 1933 yang merupakkan penggabungan 2 kebun binatang yaitu dari Cimindi dan Dago atas yang dirancang oleh Dr. W. Treffers. Penggabungan ini dimaksudkan karena kedua tempat ini sudah tidak layak lagi untuk menyimpan berbagai binatang yang semakin lama semakin banyak.

Didalam kebun binatang pengunjung dapat menikmati fasilitas-fasilitas menarik diantaranya melihat kawasan tempat berbagai jenis koleksi satwa yang mencapai sekitar 213 jenis, terdiri dari 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak di lindungi yang berasal dari dalam maupun luar negeri., Wahana  hewan tunggang, antara lain gajah dan unta, Wahana Perahu Kolam, Area Permainan Anak, dan yang lainnya. Selain itu kebun binatang didirikan mempunyai beberapa fungsi diantaranya :
1.     Fungsi kebudayaan. Kebun Binatang Bandung sebagai tempat rekreasi yang didalamnya terdapat wahana pergelaran seni budaya, tentunya mempunyai fungsi kebudayaan, yaitu dapat menanamkan kesadaran dan rasa cinta tanah air melalui pengamatan dan pemahaman kekayaan budaya, serta pengamatan dan pemahaman kekayaan flora dan fauna.
2.  Fungsi pendidikan dan Iptek. Kebun Binatang Bandung merupakan sebuah wahana yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan edukatif untuk menambah pengetahuan dan untuk menghasilkan butir-butir pengetahuan baru yang bermanfaat dan berguna bagi kehidupan masyarakat. Kebun Binatang Bandung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obyek riset atau penelitian di berbagai keilmuan.
3.    Fungsi perlindungan dan pelestarian kekayaan alam. Kebun Binatang Bandung sebagai tempat dimana wahana flora dan fauna dikembangkan dan dilestarikan, berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan berbagai satwa flora dan fauna dengan tujuan menjaga kekayaan alam.
4.       Fungsi rekreasi. Kebun binatang bandung tentunya mempunyai fungsi sebaga tempat rekreasi bagi masyarakat.



PETA LOKASI



FOTO GALERI






Berikut Beberapa Satwa yang ada di kebun binatang Bandung :








 Selamat Berekreasi

Artikel Terkait Wahana Rekreasi

1 komentar:

  1. salam wisata & salam persahabatan "Tempat Wisata di Bandung"

    BalasHapus

All About Bandung

Jumlah Penayangan

Statistik Web

free counters

user online