04 Mei 2012

Objek Wisata Bandung Utara

Kota Bandung yang disebut juga Paris Van Java terkenal sebagai kota yang memiliki keindahan alam yang luar biasa karenanya banyak wisatawan yang berkunjung ke Bandung untuk menikmati keindahan alamnya.Daerah Bandung Utara merupakan wilayah yang memilikii banyak objek wisata alam yang cukup menarik., banyak sekali tempat-tempat wisata yang mungkin perlu Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama sanak saudara dan family ataupun rekan-rekan kantor. Dan tentunya tempat-tempat wisata berikut ini tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lain yang ada di indonesia pada umumnya atau wisata bandung pada khususnya

   Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Adapun objek wisata yang berada di wilayah Bandung bagian utara antara lain:
·         Kota Lembang
·         Gunung Tangkuban Perahu
·         Maribaya
·         Curug Ciomas (Maribaya)
·         Gua Pakar
·         Kebun Bunga Cihideng
·         Curug Cimahi
·         Teropong Bintang Bosscha (Wisata Pendidikan)
·         Taman Ganesha Bandung
·         Air Terjun Curug Dago
·         Alam Sejuk Lembang
·         Arena Pemancingan Bonita (Rekreasi Dan Alam)
·         Strawbery Walk (Wisata strawbery Petik Sendiri)
·         Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata (Wisata Pendidikan)
·         Kebun Teh dan pemandian Air panas sariater subang



Kota Lembang
Tujuan Wisata Alam di Bandung utara  yang lainnya adalah Kota Kecamatan Lembang dengan panorama indah. Di Lembang terdapat Grand hotel, salah satu hotel yang dibangun sekitar tahun 40-an dan sampai kini masih cukup memadai bagi kepentingan wisatawan.Obyek wisata yang dapat dikunjungi di Lembang yaitu Curug Cimahi, Curug Cisarua, Maribaya, Tangkuban Perahu.Jarak Bandung – Lembang arah utara hanya 16 KM dari Bandung dapat berkendaraan umum atau pribadi, di kiri dan kanan jalan yang berbelok belok dan mendaki, banyak terdapat hotel dan bungalow, setelah melewati bumi siliwangi,disisi kanan jalan terdapat makam pahlawan R.Otto Iskandardinata dan beberapa pahlawan lainnya yang gugur di medan pertempuran melawan penjajah belanda.Kira-kira di kilomeer 14, membelok kearah kanan dari jurusan bandung, di desa Lembang yang luasnya 400 Ha dan terletak pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, terdapat observatorium bintang “Bosscha:” yang terkenal sebagai gedung peneropong bintang.


Tangkuban Perahu
Gunung tangkuban perahu mempunyai ketinggian 2.076 meter di atas permukaan laut. Gunung ini bila dilihat dari kejauhan nampak seperti perahu yang terbalik, karena itulah gunung ini disebut tangkuban perahu. Legenda yang melekat pada gunung ini adalah Sangkuriang, yaitu kisah seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya.Suhu udara di sini bisa mencapai 7 derajat celcius, dengan kelembaban 45 s/d 95%. Dari kota bandung dapat ditempuh dengan jarak 47 Km ke arah utara menuju Lembang atau Subang.

Maribaya
Objek wisata ini berjarak sekitar 21 Km dari kota Bandung ke arah Utara, atau sekitar 5 Km dari kota Lembang ke arah timur. Tempat rekreasi dengan pemandangan indah dan udara sejuk. Selain memiliki kolam-kolam pemandian air panas mengandung mineral tinggi yang baik untuk kesehatan, juga terdapat beberapa air terjun yakni : Curug Cigulung, Curug Cikoleang, Curug Cikawiri dan Curug Omas.

Curug Ciomas Maribaya
Tempat wisata pertama dalam rangkaian wisata alam di Bandung utara adalah Curug Ciomas yang berlokasi di Maribaya.Jarak Curug Ciomas dari kota Bandung sekitar 21 km (15 menit perjalanan kendaraan roda empat) dari Lembang kearah timur. Rekreasi dengan pemandangan indah dan berudara sejuk ini, selain memiliki sumber air panas mengandung mineral, juga terdapat air terjun Ciomas setinggi 25 meter. Bagi yang senang berpetualang dari Maribaya da pat menerobos bukit bukit yang rimbun dengan pohon pinus darikina, berjalan kaki ke Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda 5 km atau kedaerah Arcamanik. Curug Omas terletak di lokasi wisata Maribaya, Lembang.  Objek wisata ini menawarkan pesona air terjun dan  keindahan alam di sekitarnya. Kesegaran udara langsung  terasa begitu kita memasuki area objek wisata, hal itulah yang  banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk duduk-duduk  atau tidur-tiduran di atas tikar yang banyak disewakan di area  wisata. Tetapi bukan hanya suasana segar yang ditawarkan, Anda akan menjumpai air terjun setinggi 30 meter disana. Gemuruh air terjun terdengar dari area di sekitarnya, menggugah kita untuk mendekatinya. Di sana disediakan jembatan yang tepat berada di atas air terjun, sehingga memudahkan kita untuk menikmati pemandangan air terjun dari atas. Sejenak Anda dapat memanjakan telinga dengan menikmati suara gemuruh air terjun, memanjakan mata dengan melihat pelangi yang seringkali muncul. petualangan alam


Gua Pakar
Merupakan taman hutan raya yang memiliki koleksi lebihdari 2.500 jenis pohon yang termasuk pada 40 familia dari 180 spesies, antara lain cemara sumatra, kayu jati, kayu kenanga, mahoni uganda, mahoni daun besar, pohon sosis, pinus atau tusam, tusam asia tenggara, filipina, mexico dan kaliandra. Juga terdapat macam-macam fauna terdiri dari berbagai macam spesies burung, musang, tupai, kera, dan lain-lain. Tempat ini juga merupakan situs peninggalan Jepang (gua jepang) dan Belanda pada masa perang dunia, karena topografinya yang cocok untuk persembunyian.

Kebun Bunga Cihideung
Terletak di desa Cihideung, kecamatan Parongpong. Dengan luas lahan sekita 50 hektar, desa wisata bunga cihideung merupakan kebun bunga raksasa yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terdapat masam-macam koleksi bunga, dan tentu saja anda dapat melampiaskan hasrat berbelanja (bunga) anda di sini. Cihidueng, desa yang terletak di kecamatan Parongpong ini, yang dulunya hanya merupakan tempat bercocok tanam ala kadarnya saja, kini telah berkembang menjadi “Kawasan Wisata Bunga”. Kawasan yang ada dalam rangkaian wisata bandung barat ini memang tepat disebut sebagai kawasan wisata bunga, karena di sepanjang desa ini terlihat berbagai tanaman bunga yang dikembangbiakkan.
Berbagai jenis tanaman bunga bisa kita temui di desa Cihideung ini, dari tanaman hias hingga tanaman potong. Tanaman (bunga) hias biasanya adalah tanaman yang digunakan untuk memperindah taman, dan tanaman (bunga) potong biasanya adalah tanaman/ bunga yang diperlukan untuk keperluan dekorasi. Di desa Cihideung ini lebih dari 80% warga desa Cihideung menjadi petani bunga, dimana terdiri dari 30% petani bunga potong, dan 50% petani bunga hias.


Curug Cimahi
Objek wisata air terjun terletak di kecamatan Cisarua, Lembang. Berjarak sekitar 10 Km dari kota Cimahi ke arah Lembang. Atau bisa juga dijangkau dari kota Lembang (sebelum grand hotel Lembang) belok ke kiri ke arah barat (Jalan menuju Cihideung, all abaut strawberry / The Peak cafe).


Teropong Bintang  Bosca
Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung dengan koordinat geografis 107° 36' Bujur Timur dan 6° 49' Lintang Selatan. Tempat ini berdiri di atas tanah seluas 6 hektare, dan berada pada ketinggian 1310 meter di atas permukaan laut atau pada ketinggian 630 m dari plato Bandung. Kode observatorium Persatuan Astronomi Internasional untuk observatorium Bosscha adalah 299.

Taman Ganesha Bandung
Adalah sebuah taman kota yang terletak di Jalan Ganesha – Bandung, persis di depan Kampus Institut Teknologi Bandung. Dari segi ukuran, taman ini tidak begitu luas namun sangat asri karena berbagai tumbuhan yang ada di taman dan sekitarnya. Taman dilengkapi dengan banyak tempat duduk yang dapat digunakan untuk refreshing khususnya di siang hari. Karena lokasinya tidak jauh dari Kebun Binatang Bandung, taman ini sering digunakan oleh para pengunjung kebun binatang untuk beristirahat bersama keluarga sambil menikmati makan siang. Di sekitar taman tumbuh pepohonan yang tinggi yang dihuni oleh beraneka ragam burung. Memang, kawasan Jalan Ganesha diperuntukkan bagi konservasi beraneka ragam burung sehingga tidak satu pun burung yang ada diperbolehkan untuk diburu.


Air Terjun Curug Dago
Curug Dago yang terletak di Bandung Utara berada pada ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Tinggi air terjun mencapai 30 meter. Selain dapat menikmati keindahan air terjun, di Curug Dago juga kita dapat menyimak jejak sejarah Kerajaan Thailand. Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat dua prasasti batu tulis peninggalan sekitar tahun 1818 Masehi. Menurut para ahli sejarah, kedua prasasti tersebut konon merupakan peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago. Untuk mencapai lokasi ini, bisa ditempuh berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan roda dua dari PLTA Bengkok. Setelah mencapai PLTA Bengkok, terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan sisi kiri dan kanan jeram berbatu hitam. Tepat berada di atas jembatan, terlihat pemandangan air terjun sejauh 10 meter ke bawah di sebelah kiri dan suara gemuruh air terjun sudah mulai terdengar. Lebatnya pepohonan yang berada di lokasi Curug Dago, membuat sinar matahari menembus sela-sela dedaunan dan menyinari tanah yang berlumut berada di bawah. Fenomena alam ini sangat indah untuk dinikmati. Semakin jauh berjalan menelusuri hutan yang lebat, suara gemuruh air terjun semakin keras terdengar.


Artikel Terkait Info Wisata

3 komentar:

  1. salam persahabatan, mari kita dukung pariwisata di bandung

    BalasHapus
  2. sangat bagus untuk hiburan kita hehehe

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "Objek Wisata Bandung Utara".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    BalasHapus

All About Bandung

Jumlah Penayangan

Statistik Web

free counters

user online